Senin, 18/11/2019  
Plt Bupati Rohul Tandatangani Prasasti Kampung KB, Warga Desa Sialang Jaya Siap Miliki 2 Anak

Advetorial Rokan Hulu - - Jumat, 14/04/2017 - 10:05:05 WIB

ROHUL, situsriau.com- Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), telah ditetapkan sebagai Kampung Keluara Berencana (KB) sejak 6 April lalu. Peresmian Kampung KB yang dihadiri Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Setyo Sularso SIP tersebut, menandakan warga Sialang Jaya siap menyukseskan gerakan 'Dua Anak Lebih Baik'.

Plt Bupati Rohul H. Sukiman didaulat melakukan penandatanganan prasasti pembangunan 15 Kampung KB di 15 kecamatan di Provinsi Riau disaksikan Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Setyo Sularso SIP mewakili Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo.

Dalam agenda pencananagan TNI Manunggal KB Kes Nasional tahun 2017 tersebut, turut hadir pejabat dari BKKBN Republik Indonesia, BKKB Provinsi Riau, Bupati Siak, Forkompinda Rohul, serta pejabat di lingkungan Pemkab Rohul dan ribuan undangan lainnya.

Irjen TNI Letjen TNI M.Setyo Sularso S.IP yang membacakan sambutan Panglima TNI mengatakan tantangan terberat dalam menyelesaikan masalah kependudukan saat ini adalah belum tercapainya keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

"Implementasi Program KB harus menjadi gerakan yang diterima oleh seluruh kalangan masyarakat. Oleh karena itu,  Program KB harus dilakukan secara sinergi dengan Kementerian, LPNK, swasta dan komunitas-komunitas masyarakat yang ada di seluruh Indonesia," pesan Panglima TNI.

Sementara itu Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN Nofrijal menyampaikan penghargaan terhadap Komitmen TNI yang terus mendukung program Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK).

"Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Panglima TNI, Gubernur  Provinsi  Riau dan Bupati Kabupaten Rokan Hulu yang telah mendukung sepenuhnya untuk pencanangan  Baksos TNI KB Kesehatan," kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty.
 
Plt Bupati Rohul H Sukiman mengatkan  pembentukan Kampung KB di Rohul, akan berdampak positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Tak hanya mensukseskan program KB, seperti 2 anak cukup dan pemakaian kontrasepsi, namun lebih dari itu kita harapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang menjadi sasaran pembentukan kampung KB di Rohul," ungkap H Sukiman.
      
Menurutnya, program Kampung KB ini telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan dan sosial kemasyarakatan dan lainnya. Selain  pembangunan sarana dan prasarana, diberikan pelatihan yang lebih penting lagi adalah agar program pembinaan kampung KB dilakukan secara terus menerus.


      
"Keberhasilan program KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang sejahtera di tingkat keluarga. Maka itu jangan hanya berhenti pada pencanangan dan pembentukan kampung KB, tapi harus ada aksi dan gerakan nyata dalam memperkuat dan merevitalisasi program KB dan keluarga sejahtera di Rohul," kata Plt Bupati Rohul.
       
Sementara itu, Kepala Desa Sialang Jaya, Yuherman Daulay, Minggu 9 April 2017 mengatakan, pihaknya berterima kasih karena desa mereka sudah dipercaya menjadi tuan rumah pencanangan Kampung KB, bersempena pencanangan TNI Manunggal KB Kes Nasional 2017 di Rohul.
 
"Ini penghargaan luar biasa, kita berterima kasih kepada Mabes TNI, Pemkab Rohul, serta BKKBN, yang sudah menunjuk desa kita sebagai Kampoeng KB. Kita akan laksanakan program KB di desa kami, dan semua dukungan masyarakat terselanggaranya kegiatan kita sangat berterima kasih sekali, " kata Yuherman Daulay.
 
Ditempat terpisah, Kepala Direktur Lini Lapangan BKKBN RI Drs. Sukaryo Teguh MPd mengatakan 99 persen masyarakat sudah tahu soal Program KB, namun persoalannya tidak sampai 60 persen yang sudah ikut KB. Dengan dibentuknya Kampung KB tersebut, dia berharap kedepan keluarga yang ikut KB meningkat hingga 90 persen. (adv,hms).

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved