Kamis, 14 November 2019  
Punya Provinsi Tuntas, Giliran Pemkab Rohul Lanjutkan Pembahasan RTRW

Advetorial Rokan Hulu - - Rabu, 27/09/2017 - 16:25:08 WIB

PASIR PANGARAIAN, situsriau.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) menyambut baik dengan sudah disahkannya Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau. Selanjutnya, pembahasan RTRW Kabupaten Rohul akan dilanjutkan kemudian disahkan.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Rohul, Nifzar SP MIp di sela-sela menghadiri rapat paripurna pembahasan ABPD Perubahan Rohul tahun 2017, Selasa (26/9/17). Dikatakannya, selama ini pembahasan RTRW Rohul masih terkendala dengan belum disahkannya RTRW Riau.

Jelas Nifzar, RTRW merupakan dokumen yang sangat dibutuhkan dalam hal pelaksanaan pembangun proyek strategis, baik nasional, provinsi dan kabupaten, serta mengakomodir investasi dunia usaha yang akan ditanamkan di daerah.

Lanjut Nifzar lagi, kepastian hukum atas keperuntukan lahan dapat lebih terjamin dengan adanya RTRW tersebut. "Dengan sudah disahkannya RTRW Riau, Pemkab Rohul akan secepatnya melanjutkan kembali proses pembahasan RTRW dengan pihak legislatif. Tentunya, itu dengan berpedoman dengan RTRW Provinsi Riau, terutama tentang struktur ruang, pola ruang dan kawasan di Kabupaten Rohul," katanya.

Berdasarkan data Kantor Bapeda Rohul, sejak tahun 2011 lalu, RTRW Rohul sudah tidak berlaku lagi. Hal itu menyebabkan terhambatnya pembangunan di Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau (julukan Kabupaten Rohul).

"Dari tahun 2011 lalu, sebenarnya kita sudah memulai merevisi RTRW. Hanya saja karena tersandung belum disahkannya RTRW Riau, maka sampai saat ini kita belum memiliki dokumen RTRW," terang Nifzar.(sr5, hr)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved