Minggu, 23 09 2018  
2018, Pemkab Kuansing Siap Terapkan Aplikasi E-Planning

Advetorial Kuantan Singingi - - Senin, 14/08/2017 - 20:30:19 WIB

TELUK KUANTAN, situsriau.com- Sejak beberapa tahun terakhir ini, pemerintah tengah gencar mencanangkan agar seluruh wilayah di Indonesia menerapkan sistim pemerintahaan berbasis elektronik atau e-Government untuk menunjang pelayanan publik.

Salah satu upaya mewujudkan penerapan e-Government ini, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Badan Perencanaan Pembangunan daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) akan menerapkan aplikasi e-Planning yaitu sistim informasi perencanaan pembangunan daerah secara elektronik yang akan dimulai pada 2018 mendatang.

"InsyaAllah, di 2018 mendatang untuk penyusunan APBD 2019 kita sudah mengunakan aplikasi e-planning ini,"ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bappeda Litbang Kuansing, Zafnil Helmi saat berbincang dengan wartawan, Senin (14/8/2017) di ruang kerjanya.

Menurut Zafnil Helmi, banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menerapkan aplikasi ini, salahsatunya dalam membantu proses penginputan data.

Jadi kedepannya terang Zafnil Helmi, mulai dari usulan pada Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan hingga Musrenbang tingkat Kabupaten seluruh datanya telah terhimpun pada aplikasi e-Planning ini yang dientri oleh masing-masing OPD.

Kemudian, seluruh data yang terhimpun dalam e-Planning ini lah nantinya yang akan menjadi dasar dalam penyusunan KUA-PPAS."Semua data dari awal sudah dihimpun dalam aplikasi ini, itu lah nanti yang menjadi dasar untuk penyusunan KUA-PPAS, kemudian, kalau ada usulan yang masuk belakangan, tapi tidak tercantum dalam e-planning ini, maka tidak akan diakomodir. Jadi tidak ada lagi istilah naik dijalan, dengan demikian tentu transparansi yang kita inginkan bersama akan bisa terwujud,"terang Zafnil Helmi lagi.

Untuk aplikasi ini sendiri kata Zafnil Helmi, sekarang sedang dalam tahap pengadaan di LPSE Kuansing. "Setelah nanti proses pengadaannya tuntas, ini akan kita sosialiasikan baik di jajaran Pemkab Kuansing maupun di jajaran legislatif. Selanjutnya masing-masing operator tentunya juga akan diberikan pembekalan dan pelatihan,"pungkasnya.(ADV/Ultra )

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved