Selasa, 12 Desember 2017  
Sport / Keempat Kalinya, Marc Marquez Juara Dunia MotoGP
Keempat Kalinya, Marc Marquez Juara Dunia MotoGP

Sport - - Senin, 13/11/2017 - 12:23:55 WIB

VALENCIA, situsriau.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez menjadi Juara Dunia MotoGP 2017. Bagi pebalap 24 tahun tersebut, ini adalah gelar juara dunia keempat di kelas MotoGP setelah 2013, 2014, dan 2016 atau yang keenam di seluruh kelas.

Pada balapan pamungkas musim ini yang dihelat di Sirkuit Riccardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (12/11/17) malam WIB, Marquez memang cuma finis posisi ketiga di belakang Dani Pedrosa dan Johann Zarco.

Tapi hasil itu sudah cukup mengantarkan pebalap asal Spanyol tersebut jadi juara dunia karena pesaingnya dari tim Ducati, Andrea Dovizioso, terjatuh di lap ke-25 dan akhirnya masuk pit tak lama setelahnya.

Marquez menuntaskan musim dengan 298 poin, sementara Dovizioso harus puas jadi runner-up dengan 261 poin.

Jalannya Balapan
Begitu lampu hijau menyala, Marquez langsung tancap gas untuk mempertahankan posisi terdepan. Start makin sempurna baginya karena rekan setimnya, Dani Pedrosa, berhasil merangsek ke posisi kedua dari start kelima.

Begitu melewati tikungan pertama di lap pertama, Pedrosa pun seperti jadi pelindung untuk Marquez dari kejaran rival-rivalnya seperti Johan Zarco, Aleix Espargaro, dan Jorge Lorenzo. Sementara Andrea Dovizioso melesat dari posisi kesembilan ke urutan keenam.

Di turn 4 lap kedua, Zarco berhasil melewati Pedrosa untuk membuntuti Marquez di posisi terdepan. Lorenzo berhasil naik ke posisi keempat disusul Dovizioso.

Di lap ketiga, Zarco akhirnya menyalip Marquez di tikungan ketika pebalap Repsol Honda sedikit kehilangan konsentrasi karena menengok ke belakang.

Setengah balapan berjalan, Zarco masih memimpin balapan sementara Marquez terus menguntit dari belakang. Marquez sendiri terlihat tidak ngotot untuk mengejar Zarco mengingat pesaingnya dalam perebutan gelar juara, Dovizioso, juga masih tertahan di posisi kelima.

Pedrosa juga tetap berada di posisi ketiga diikuti Lorenzo. Sementara itu, Valentino Rossi ada di posisi keenam. Jika posisi ini terus bertahan hingga lap ke-30 maka Marquez bakal jadi juara dunia musim ini.

Dovizioso sendiri terlihat masih kesulitan hingga lap ke-18 untuk setidaknya menyalip Lorenzo yang ada di depannya. Tim Ducati sendiri belum memberikan team order untuk Lorenzo membiarkan Dovizioso menyalipnya.

Marquez akhirnya menyalip Zarco di lap ke-23 dan setelahnya dia nyaris terjatuh di belokan pertama sebelum melebar ke luar lintasan. Marquez akhirnya turun ke posisi kelima karena disalip Lorenzo dan Dovizioso.

Bencana datang untuk Ducati di lap ke-24 karena berturut-turut pebalapnya jatuh. Pertama adalah Lorenzo saat menikung yang diikuti oleh Dovizioso. Meski sempat bangkit, Dovizioso akhirnya harus masuk pit karena motornya tak lagi mampu melanjutkan balapan.

Alhasil, Marquez pun dipastikan jadi juara dunia MotoGP musim ini, sementara Dovizioso harus puas sebagai runner-up.

Pedrosa pun menyalip Zarco di turn 1 pada lap terakhir untuk kemudian melintasi garis finis pertama kali. Marquez naik podium setelah menuntaskan balapan di posisi ketiga. Demikian seperti dilansir detiksport. (sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved