Rabu, 21 Oktober 2020  
Iptek / LG Indonesia Pasarkan Kipas Angin Inverter Pengusir Nyamuk
LG Indonesia Pasarkan Kipas Angin Inverter Pengusir Nyamuk

Iptek - - Jumat, 10/01/2020 - 10:57:14 WIB

JAKARTA, situsriau.com - Mengawali tahun 2020, PT LG Electronics Indonesia (LG) langsung menggebrak pasar elektronik nasional dengan jajaran solusi pengolah udaranya. Mereka ingin menunjukkan kepada konsumen, bahwa perusahaan bukan hanya memproduksi alat, tapi juga menciptakan udara yang bersih.

Bahkan mereka memperluas kategori produknya. Kategori baru itu adalah LG CeilingFan ini dikatakan membawa pembaruan yang selama ini menjadi titik lemah pada perangkat kipas angin yang menempel pada langit-langit.

Di samping menawarkan hembusan lebih lembut dan motor kuat dengan tingkat getaran lebih rendah, LG CeilingFan dengan teknologi inverter ini memberikan tambahan kenyamanan lewat keberadaan fitur pengusir nyamuk dan keterhubungan WiFi untuk pengoperasian jarak jauh.

“Cara kerjanya seperti AC Terminator yang pernah dipasarkan LG Indonesia, yakni mengeluarkan frekuensi gelombang yang tak disukai nyamuk,” kata Dimas Raditya, Part Leader Residential AC PT LG Electronics Indonesia, dilansir sindonews.com, Kamis (9/1/20).

Perhatian pada hembusan angin lebih lembut dilakukan melalui pengamatan LG pada salah satu titik lemah kipas angin yang menempel pada langit-langit. Dengan bilah kipas konvensional berbentuk pipih menyerupai papan, tangkapan udara akan mem-buat pusaran angin menerpa lebih kencang pada orang di sekitarnya.

Selain ketidaknyamanan di badan, lanjut Dimas, terpaan angin kencang ini menimbulkan ketidaknyamanan pada beterbangannya benda di sekitar akibat turbulensi. Berangkat dari pengamatan inilah LG menerapkan desain Dual Wing pada bilah kipas LG CeilingFan.

“Dari sisi bentuk, salah satunya dikenali dengan terapan deretan tonjolan kecil pada bilah panjangnya untuk memecah angin sebe-lum mengalirkannya ke sekitar. Desain khas ini mengambil in-spirasi dari tubuh paus bungkuk (humpback whale) yang memiliki banyak tonjolan untuk memudahkannya bermanuver di air,” katanya lagi.

Selain memberikan terpaan angin lebih lembut, terapan desain unik ini di satu sisi membuat LG CeilingFan beroperasi lebih senyap. Pengujian internal LG memberikan hasil tingkat kebisingan LG CeilingFan mencapai 46.8dB (decibel) yang lebih rendah dibanding perangkat sejenis dengan desain konvensional yang mencapai 54.2dB.

“Di sisi lain, terapan deret tonjolan mengurangi benturan dengan udara sehingga memberikan efisiensi lebih baik dalam penggunaan energi,” tutur Changmin Han, Product Director Air Solution of LG Electronics Indonesia.

Di bagian lain, desain Dual Wing membuat bilah kipas memiliki lubang dengan desain khusus pada bagian yang dekat dengan poros LG CeilingFan. Dibuat demikian untuk menangkap udara dan mengirimkannya langsung ke bagian ruang yang tepat berada di bawahnya.

“Tak sekadar kejaran kebaruan desain, bilah kipas Dual Wing hadir menjadi solusi aliran udara lebih nyaman yang selama ini diharapkan pada produk ceiling fan,” jelas Changmin Han.

Penempatannya yang menempel pada langit-langit bangunan membuat LG memberi perhatian pada ketahanan motor dan komponen di dalamnya. Selain menggunakan teknologi terkini BLDC (Brushless DC) motor 24V, LG pun menerapkan proses insulasi ganda untuk memastikan motor dan PCB didalamnya terlindung dari efek goncangan maupun risiko terbakar.

Memberi kenyamanan lebih pada pengoperasiannya, LG menanamkan beberapa fasilitas pendukung.Diantaranya pengoperasian dengan gelombang ultrasonik yang efektif mengusir nyamuk, sleep mode yang memberikan putaran kipas lembut dan kemudahan kendali melalui smartphone dengan keterhubungan WiFi. Panel LED pun diterapkan pada bagian tengah poros LG Ceiling Fan yang memudahkan pengguna untuk memonitor penggunaannya. (sr5, in)


Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved