Sabtu, 08 08 2020  
Iptek / Fakta Tardigrada, Hewan yang Mampu Tetap Hidup Tanpa Makan Minum di Semua Tempat
Fakta Tardigrada, Hewan yang Mampu Tetap Hidup Tanpa Makan Minum di Semua Tempat

Iptek - - Kamis, 09/07/2020 - 13:08:31 WIB

Situsriau.com-Hidup di air dan termasuk invertebrata, tardigrada sangat tangguh. Hewan ini mampu bertahan di segala kondisi, pada situasi yang justru membunuh makhluk hidup lain. Tardigrada tercatat sebagai binatang yang sudah eksis di bumi, bahkan sebelum manusia ada. 

Apa yang bisa dilakukan untuk membunuh seekor tardigrada? Hasil rilis National Geographic pada 2017 menyatakan hampir mustahil tardigrada dihancurkan di bumi. Meski terkesan mengada-ada, faktanya hewan ini sudah hidup selama 520 juta tahun di bumi dan melewati berbagai pemusnahan masal.

1. Hewan kecil yang disebut beruang air

Tardigrada tergolong salah satu makhluk terkecil di bumi, biasa disebut juga sebagai beruang air. Pada fase dewasa, hewan ini punya ukuran 1,5 mm. Sedangkan ukuran tardigrada yang paling kecil adalah 0,1 mm. Meski kecil mungil, kekuatan tardigrada tak bisa diremehkan. 

Habitat hewan ini sebenarnya di air. Namun, jika cuaca berubah, tardigrada bisa hidup pula di daerah kering. Ia bisa hidup puncak gunung hingga dasar laut dalam lingkungan dan cuaca yang esktrim. Tardigrada senang hidup di tempat yang banyak sumber makanannya, yakni ganggang atau lumut. 

2. Makhluk yang dianggap terkuat di dunia

Walaupun kecil, tardigrada adalah hewan yang paling kuat di dunia. Memiliki kemampuan-kemampuan yang hampir tak masuk akal, ilmuwan pun menjadi bertanya-tanya, malapetaka apa yang dibutuhkan untuk melenyapkan tardigrada dari muka bumi?

Tardigrada bahkan masih hidup walaupun dipapar radiasi mematikan, diletakkan di berbagai suhu mulai dari 150 hingga minus 272 derajat celcius, ditekan di laut dalam, dan dikeringkan selama satu dekade. Tanpa makanan dan air sekalipun, hewan ini akan baik-baik saja selama 30 tahun.

3. Tetap hidup saat dilepas ke luar angkasa

Tardigrada memang bisa hidup di mana saja, termasuk di luar angkasa. Makhluk ini menjadi salah satu hewan yang diutus ke luar angkasa dalam penerbangan uji coba menggunakan kapsul FOTON-M3 pada tahun 2007. 

Spesies hewan lain yang juga turut dikirim tidak berhasil selamat. Tardigrada menjadi satu-satunya hewan yang berhasil kembali ke bumi dan bertahan hidup dari sinar kosmis dan radiasi ultraviolet yang mematikan.

4. Hanya akan mati saat kiamat datang

Dengan hebatnya kekuatan yang dimiliki tardigrada, peneliti tentu menduga-duga, apakah binatang ini akan menjadi makhluk hidup terakhir di muka bumi?

Hasil simulasi model matematika yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports menemukan bahwa tardigrada hanya akan mati bila lautan bumi mendidih dan kondisi tersebut hanya bisa diciptakan oleh serangan asteroid raksasa, supernova, dan semburan sinar gamma. Kesimpulannya, bisa dipastikan bahwa tardigrada akan tetap hidup di dunia ini hingga matahari mati terlebih dahulu, yakni sekitar 10 juta tahun lagi.

5. Masih dicari makhluk yang sama kuat alam semesta

Ilmuwan ternyata telah mengetahui kekuatan tardigrada sejak lama. Tardigrada dijadikan acuan para peneliti untuk terus mencari mahluk hidup sejenis di planet lain. Tardigrada menunjukkan kemungkinan adanya spesies yang sama tangguhnya di alam semesta. Jika tardigrada adalah spesies tertangguh bumi, siapa tahu apa yang ada di luar sana?(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 08117533365
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2020 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved