Rabu, 02/08/2017  
Kesehatan / Begini Caranya Buah dan Sayur Bisa Kontrol Hipertensi
Begini Caranya Buah dan Sayur Bisa Kontrol Hipertensi

Kesehatan - - Jumat, 19/05/2017 - 05:31:57 WIB

JAKARTA, situsriau. com - Bila sudah terdiagnosis derita hipertensi, setiap orang wajib lebih memperhatikan pola hidupnya. Karena tekanan darah tinggi sebabkan penderitanya rentan alami komplikasi mulai dari stroke, penyakit jantung, hingga gagal ginjal. 

Penderita hipertensi harus berhenti merokok dan stop minum alkohol. Harus rutin olahraga dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. 

Ahli kesehatan pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, menjelaskan konsumsi buah dan sayur dapat menjaga kita dari hipertensi lewat beberapa cara.

Cara pertama adalah dengan membantu menjaga berat badan yang ideal. Karena seperti diketahui obesitas adalah salah satu faktor risiko untuk hipertensi.

"Kemudian yang kedua komponen dari serat tersebut juga akan mengurangi penyerapan kolesterol dan gula darah di usus. Jadi akhirnya dengan kita banyak mengonsumsi serat ini tubuh jadi sehat," ungkap dr Ari ketika ditemui Direktorat Jenderal P2P, Jl. Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/17).

Cara terakhir konsumsi buah dan sayur dapat menjaga kesehatan tubuh menghindarkan hipertensi adalah dengan menjadi makanan untuk bakteri baik di dalam tubuh.

"Probiotik adalah kuman-kuman baik yang ada di usus besar. Dengan kita banyak mengonsumsi buah dia akan jadi makanan untuk probiotik membuatnya sehat," kata dr Ari. 

"Probiotik ini lah yang membuat kondisi kita bisa bertambah sehat," pungkasnya.(sr5, in)

Kami menerima tulisan mengenai informasi yang bernilai berita
Silahkan SMS ke 0852-720-49-275 atau PIN BBM: 5513A781
atau Email: situsriau.redaksi@gmail.com
Lengkapi data diri secara lengkap.
----- Akses kami via mobile m.situsriau.com -----

 
Redaksi | Email | Galeri Foto | Pedoman Media Siber
Copyright 2012-2017 PT. SITUS RIAU INTIMEDIA, All Rights Reserved